Tulisan Pertama tentang anak

Siapa bilang jadi orang tua itu gampang?




Saat anak masih bayi atau balita kita pasti ingin anak kita cepat besar, menurutku jangan deh, biarkan mereka berkembang dengan proses yang indah dan seperti apa adanya. Seekor kupu-kupu pada awal perkembangannya hanyalah ulat kecil yang membuat geli dan jijik, tapi setelah proses yang panjang dan menyakitkan lihatlah dia sekarang dengan sayap yang indah. 

Anak-anak yang hiperaktif, tidak bisa diam belum tentu saat besar akan berlaku yang sama. Dia bisa menjadi kupu-kupu yang indah bila mengalami proses yang menyenangkan dan penuh cinta dari kedua orang tua atau orang2 di sekelilingnya. Yang ditakutkan adalah ketika seorang anak tumbuh menjadi orang dewasa yang justru merugikan, menyakiti atau menyusahkan orang lain. 

Ada seorang psikolog anak yang berkata seorang anak adalah cerminan dari kedua orangtuanya. 

Membesarkan anak adalah proses pendewasaan diri orang tua. Sikap suka melarang menjadikan anak memiliki perasaan takut dan tidak berani mengambil keputusan. Sikap otoriter membuat anak tertekan. Sikap orang tua dalam membesarkan anak cenderung berpengaruh dalam pembentukan karakter dan sifat anak di masa depannya. Jadi berhati-hatilah dalam memberikan contoh pada anak-anak, berikan kehidupan yang hangat dan penuh cinta pada mereka karena itulah yang akan membentuk jati diri mereka kelak.

Semoga artikel ini bermanfaat.




Komentar

Postingan Populer