Apa Itu Bersyukur

by rara


Kadang jadi manusia biasa aja kelakuan manusia bisa jadi ga manusia. Ribet kan. Contohnya banyak, coba aja liat sekeliling, kalo ga ada di sekeliling mainnya yang jauh lagi deh. 

Kita udah dikasih badan sehat, bisa hidup jalan-jalan, makan, minum, bernafas, masih aja banyak ngeluh. Mengeluh ga salah sih, tapi ga setiap hal dikeluhkan juga kalee. 

Pernah di pagi hari pas mau berangkat ngantor, liat pengendara motor lain mengendarai motornya di depan. Ada yang bawa anak, ada yang berkendara sendiri mau kerja juga, ada yang bawa jualan di sepeda motornya. Ada yang naik motor, naik sepeda, naik mobil pribadi atau naik angkot. Kalau dipikir2 kita tiap hari bangun tidur kan ada tujuan yang sama dengan semua manusia di dunia ini, mencoba berjuang untuk menjalani hidup. Bagaimanapun hidup yang akan kita jalani, mau itu berat, ringan sama dijinjing, kita kalau udah bangun tidur pasti harus menjalani itu semua. Yang membedakan adalah bagaimana kita menjalani itu semua dengan sebaik-baiknya dan berfaedah buat orang lain. Mau miskin atau kaya, mau presiden atau rakyat jelata, selama masih bisa bernafas insya Allah kita masih harus menjalani hari ini. Life must go on. 

Mau saat itu kita lagi sakit, lagi galau, lagi patah hati, lagi kecewa berat, atau pun lagi dalam keadaan segar bugar, semangat, hari tetap berjalan, matahari ga bakal mau break buat ngasih jeda manusia yang lagi ga bisa move on dari hari kemaren. Matahari tetap bersinar, walau kadang ada awan ngasih naungan bentar, tapi dibalik itu matahari tetap mengerjakan shift pagi nya sampai Mbak Bulan menggantikan tugas tersebut. 

Pertanyaannya, bagaimana cara kita bersyukur padahal hati sedang berat-beratnya, kantong sedang tipis-tipisnya, perut lagi laper-lapernya. Gimana coba. Yahh gimana, setidaknya masih bisa mensyukuri hari itu masih bisa bernafas. Tuhan masih mau negor kita dengan cara tersebut. Mungkin tidak semua manusia bisa ngalamin hal seperti itu. Mungkin kamu bisa bilang Tuhan tidak adil. Karena kamu lihat, masih banyak tu orang kaya yang nggak peduli sama orang lain, berfoya-foya menghabiskan duitnya buat hal lain yang enggak masuk akal bagi kaum jelata. Sedangkan buat dhuafa, makan 



tiga kali sehari adalah hal mewah.

Bersyukur adalah hal sederhana yang kadang sulit diucapkan, tapi sebenarnya mudah untuk dilakukan. Lihatlah ke bawah pada saat sedang mengalami kesusahan setelah itu mendongaklah keatas untuk berdoa. Ucapkan keinginanmu berbicaralah dengan Tuhanmu. 

Terima kasih. Alhamdulillah.





Komentar

Postingan Populer